Senin, 25 Juli 2011

Koperasi Modern Jaya Membuka Peluang Investasi Singkong di Lampung

Kami mengajak anda yang tertarik, ingin berinvestasi di Lampung dalam bidang budidaya singkong melalui pola kerjasama yang saling menguntungkan.

Dengan teknologi dan pengalaman yang dimiliki, kami mampu memproduksi singkong 100 ton per hektar pada umur 11 bulan.

Dan kami telah memiliki MOU dengan beberapa pabrik besar pengolahan singkong di Lampung untuk menampung hasil produksi singkong kami.

Kami juga menyediakan bibit unggul singkong, pupuk, hormon pertumbuhan, serta Standard Operational Procedure (SOP) agar dapat tercapai produksi singkong minimal 100 ton per hektar.

Untuk keterangan lebih lanjut silahkan menghubungi kontak person kami:

1. Ir. Sudarsono Telp/HP: 081379674156 (Lampung)
2. Ir. Rhino H Pranapati Telp/HP: 021-33339009 (Jakarta)

Salam Singkong Sejahtera Bersama.......

Kamis, 21 Juli 2011

Koperasi MODERN JAYA Lampung bermitra dengan MSI (Masyarakat Singkong Indonesia)



Koperasi Modern Jaya memiliki lahan seluas 120 hektar yang sudah ditanami singkong Manggu super di wilayah Lampung, mengaplikasikan konsep teknologi dan manajemen konservasi alam serta keleestarian lingkungan melalui konsep Organic Mixed Farming Integrated Industry yang aplikasinya teknologi mekanisasi Pengolahan Tanah dalam dan Solt Improvement dengan mineral dan organik dan teknologi yang berbasis Losses Base Management Consept.


Untuk pengembangan usaha budidaya singkong yang lebih luas koperasi yang bermitra dengan Masyarakat Singkong Indonesia (MSI) telah menyiapkan lahan yang tersedia seluas 3.400 hektar, terletak di Kabupaten Way Kanan Lampung

Koperasi MODERN JAYA menerapkan program MSI (Masyarakat Singkong Indonesia) bekerja sama dengan para petani (GAPOKTAN) membentuk “Sistem Cluster”. Setiap cluster dengan luas lahan 300 Ha (s/d 600 HA) terdiri dari 120 Orang anggota kelompok tani (poktan).




Saat ini telah terbentuk Sembilan kelompok tani , yaitu Kelompok tani Permata-1 (Ketua Saiful), Permata-2 (Ketua Hadirianto), Permata-3 (Ismail), Sukajaya-1 (Nadi), Sukajaya-2 (Sulaiman), Tunas Maju-1 (Purnama), Tunas Maju-2 (Yudyanto), Sejahtera-1 (Bastiyur), Sejahtera-2 (Suparno) dan tiga poktan lainnya yang akan segera dibentuk di Way Kanan.

Dengan terbentuknya gapoktan, masyarakat petani dapat meningkatkan hasil budidaya tanaman singkong yang terorganisir bagi para petani singkong menjalin silaturahmi dan kerjasama yang baik antar petani, dapat meningkatkan sumber daya manusia yang handal yang tidak gampang putus asa, berjiwa wirausaha dapat meningkatkan wira usaha produktif.

Melalui sistem cluster dan koperasinya para petani akan memiliki usaha pengolahan singkong mentah menjadi berbagai produk seperti gaplek, chips, pellet, tepung tapioka, tepung singkong (cassava powder) dan tepung singkong fermentasi atau Mocaf (Modifeied Cassava Flour).

Sehingga nantinya para petani di lampung tidak lagi menjual singkong mentah, tapi menjual produk olahan yang dapat meningkatkan manfaat penggunaan singkong bagi kesejahteraan petani dan keluarganya. Dan akan dapat meningkatkan pendapatan petani menjadi 5 s/d 20 juta per bulan.

Salam... Masyarakat Singkong Sejahtera Bersama.

Organic Mixed Farming Integrated Industry

Kondisi lahan di Provinsi Lampung pada umumnya telah jenuh, miskin hara dan nutrisi, asam yang diakibatkan olehan run off yang mengakibatkan degradasi top soil, cemaran racun clan sedimentasi ter dan residu yang ditimbulkan karena pupuk kimia yang tidak terurai akibat kemasaman tanah ( pH tanah 3.5 s/d 4.5) pengolahan lahan yang asalan sehingga terjadi compacting dan kekurangan oxygen dan difisit hara dan nutrisi akibat terlalu lamanya ditanamai singkong karena tanaman ini rakus terhadap hara dan nutrisi yang mengakibatkan terjadinya multi degradasi soil hal terbut dibuktikan terjadinya penurunan prduktivitas semua komoditas khususnya singkong yang dibuktikan pada saat ini produktivitasnya rata-rata 15 ton s/d 20 ton dan dengan kandungan ad (starch content) rata-rata hanya 25% yang seharusnya produktivitas rata-rata dapat mencapai diatas 100 ton dan kandungan aci (starch content) rata-rata hanya 30% s/d 35%.


Langkah strategis untuk memperbaiki kondisi tersebut, Koperasi Modern jaya menerapkan filsofi Sehat Berkembang dan Lestari serta mengaplikasikan konsep teknologi dan manajemen konservasi alam serta beiestarian lingkungan melalui konsep Organic Mixed Farming Integrated Industry yang aplikasinya teknologi mekanisasi Pengolahan Tanah dalam dan Solt Improvement dengan mineral dan organik dan teknologi yang berbasis Losses Base Management Consept.

Organic Mixed Farming Integrated Industry
Organic Mixed Farming Integrated Industry adalah suatu konsep pengelolaan pertanian, perkebunan berbasis pada konsep pelestarian soil sehingga tidak terjadi degradasi soil dan difisit hara dan isi melalui konsep manajemen dan teknologi recycle limbah pertanian untuk pakan ternak dan limbah ternak untuk rehabilitasi soil melalui pembuatan pupuk organic yang dibuat dart limbah pertanian/perkebunan dipadukan dengan kotoran ternak melalui konsep teknologi Pengolahan Tanah dalam dan Soil Improvement yang berarti konsep tersebut adalah konsep teknologi pembangunan pertanian dan perkebunan yang berwawasan lingkungan, berkesinambungan. berkelanjutan berbasis pemberdayaan masyarakat (community development).


Teknologi Organic Mixed Farming Integrated Industry adalah suatu konsep teknologi yang efesien, efektif, produktif yang akan mampu meningkatkan prduktivitas lahan dan kualitas komoditas tang dihasilkan dengan basis organik yang akan meningkatkan nilai ekonomi dan nilai tambah (added .Value) tinggi serta pelestarian soil serta multi efek player

Koperasi Modern Jaya Lampung

Koperasi Modern Jaya, dengan nama singkat “MJ” adalah koperasi modern yang berkedudukan di Desa Iring Mulyo, Kecamatan Metro Timur Kota Metro Propinsi Lampung.

" Koperasi Modern Jaya "yang mempunyai wilayah kerja tingkat provinsi yang berarti dapat beroperasi di seluruh wilayah Provinsi Lampung, wilayah kabupaten, Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat, Mesuji, Way Kanan, Lampung Utara, Lampung Tengah dan Lampung Timur.

Yang menyelenggarakan usaha usaha:
- Pertanian dan perkebunan
- Jasa Transportasi
- Pemasaran hasil Produksi Pertanian.
- Perdagangan Hasil Bumi

SUSUNAN KOPERASI MODERN JAYA METRO – LAMPUNG

1. Badan Pengawas : Lukman Hakim,ST.M.Si
2. Ketua I : Ir.Sudarsono
3. Ketua II : Anwar, SE
4. Sekretaris : Fery Sunaryo, SE
5. Bendahara : Drs. Sugiyanto, MM




Hubungi Kami

 
KOPERASI MODERN JAYA
Office: Jl. Pala IV No. 17 Iring Mulyo Kota Metro Telp. 0725 41112
Branch: Kp Kertajaya Negara Batin Way Kanan Lampung
Ir. Sudarsono Telp/HP: 081379674156 (Lampung)
www.modernjaya.blogspot.com