Kamis, 21 Juli 2011

Koperasi MODERN JAYA Lampung bermitra dengan MSI (Masyarakat Singkong Indonesia)



Koperasi Modern Jaya memiliki lahan seluas 120 hektar yang sudah ditanami singkong Manggu super di wilayah Lampung, mengaplikasikan konsep teknologi dan manajemen konservasi alam serta keleestarian lingkungan melalui konsep Organic Mixed Farming Integrated Industry yang aplikasinya teknologi mekanisasi Pengolahan Tanah dalam dan Solt Improvement dengan mineral dan organik dan teknologi yang berbasis Losses Base Management Consept.


Untuk pengembangan usaha budidaya singkong yang lebih luas koperasi yang bermitra dengan Masyarakat Singkong Indonesia (MSI) telah menyiapkan lahan yang tersedia seluas 3.400 hektar, terletak di Kabupaten Way Kanan Lampung

Koperasi MODERN JAYA menerapkan program MSI (Masyarakat Singkong Indonesia) bekerja sama dengan para petani (GAPOKTAN) membentuk “Sistem Cluster”. Setiap cluster dengan luas lahan 300 Ha (s/d 600 HA) terdiri dari 120 Orang anggota kelompok tani (poktan).




Saat ini telah terbentuk Sembilan kelompok tani , yaitu Kelompok tani Permata-1 (Ketua Saiful), Permata-2 (Ketua Hadirianto), Permata-3 (Ismail), Sukajaya-1 (Nadi), Sukajaya-2 (Sulaiman), Tunas Maju-1 (Purnama), Tunas Maju-2 (Yudyanto), Sejahtera-1 (Bastiyur), Sejahtera-2 (Suparno) dan tiga poktan lainnya yang akan segera dibentuk di Way Kanan.

Dengan terbentuknya gapoktan, masyarakat petani dapat meningkatkan hasil budidaya tanaman singkong yang terorganisir bagi para petani singkong menjalin silaturahmi dan kerjasama yang baik antar petani, dapat meningkatkan sumber daya manusia yang handal yang tidak gampang putus asa, berjiwa wirausaha dapat meningkatkan wira usaha produktif.

Melalui sistem cluster dan koperasinya para petani akan memiliki usaha pengolahan singkong mentah menjadi berbagai produk seperti gaplek, chips, pellet, tepung tapioka, tepung singkong (cassava powder) dan tepung singkong fermentasi atau Mocaf (Modifeied Cassava Flour).

Sehingga nantinya para petani di lampung tidak lagi menjual singkong mentah, tapi menjual produk olahan yang dapat meningkatkan manfaat penggunaan singkong bagi kesejahteraan petani dan keluarganya. Dan akan dapat meningkatkan pendapatan petani menjadi 5 s/d 20 juta per bulan.

Salam... Masyarakat Singkong Sejahtera Bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar